Rekening Bersama (Rekber) 100% aman kah?

Kaskus yang merupakan forum online terbesar di indonesia, yang juga terkenal dengan FJB (Forum Jual Beli)nya belakangan ini di hebohkan oleh kasus penipuan yang di lakukan oleh salah satu penyedia jasa rekening bersama (rekber) terpopuler di Kaskus, Blackpanda.

Menurut data yang diunggah dalam thread Kaskus, korban BlackPanda mencapai 160-an anggota, dengan total dana yang nyangkut mencapai Rp509 juta.

Rekber bagaimana mekanismenya?

di ambil dari situs https://rekberblackpanda.com/ mereka menyampaikan mekanisme dengan 7 (tujuh) langkah yaitu :

  1. Penjual dan Pembeli sepakat untuk menggunakan jasa REKBER BLACKPANDA, pastikan kedua belah pihak telah memahami aturan penggunaan jasa.
  2. Pembeli kemudian mentransfer sejumlah total harga barang + tarif REKBER BLACKPANDA ke salah satu rekening BLACKPANDA.
  3. Form transaksi baru, di isi OLEH PEMBELI setelah melakukan transfer. Setelah validasi oleh sistem, pembeli dan penjual akan mendapat informasi login melalui SMS, silahkan login untuk update data pribadi dan update status transaksi.
  4. Penjual mengirimkan barang kepada pembeli, kemudian penjual mengupdate status transaksi dan no. resi pengiriman via web.
  5. Barang tiba di tujuan, Pembeli melakukan konfirmasi via sms atau update status transaksi
  6. RekberBlackpanda meneruskan dana kepada penjual, maksimal 3×24 jam setelah pembeli mengkonfirmasi penerimaan barang
  7. Dana diterima Penjual, transaksi selesai

Jadi penyedia jasa rekber merupakan perantara atau pihak ketiga antara pembeli dan penjual, dimana seandainya penjual melakukan penipuan dan tidak mengirimkan barang kepada pembeli, maka mereka akan mentransfer kembali uang pembeli ke rekening pembeli. sangat mudah dan mengiurkan apalagi dengan biaya jasa yang sangat murah.

Harga Produk

Rp. 10.000,- s/d Rp. 5.000.000,- = Rp. 10.000,-
Rp. 5.000.001,- s/d Rp. 10.000.000,- = Rp. 20.000,-
Rp. 10.000.001,- s/d Rp. 20.000.000,- = Rp. 30.000,-
Lebih dari Rp. 20.000.000,- = Call

Namun benar kah Rekening Bersama (Rekber) 100% aman ?
Hingga saat ini ada empat rekber populer di Kaskus, yakni Piggybank, Blackpanda, Sanbank, dan Inapay. Kendati demikian seluruh rekber tidak berada di bawah naungan Kaskus dan statusnya sama seperti anggota lainnya di forum Kaskus.
Menanggapi hal tersebut, Andrew Darwis selaku Chief Community Officer (CCO) atau yang kerap disebut “Mimin” mengaku telah melakukan tindakan. Ia juga menyarankan agar para korban segera melapor ke polisi.

“Karena Kaskus bukan korban, jadi kami enggak bisa lapor ke polisi. Tapi nanti kalau sudah ada laporan polisi, kemudian polisi minta data dan lain sebagainya, baru kami kasih,” ungkap Andrew.

Satu hal lagi sesuai pengalaman sendiri, ketika melakukan transaksi menggunakan rekber, ketika saya post di threadnya rekber, disana nomor handphone saya terpajang. eh..malam harinya malah banyak banget penipu yang nelpon dengan berbagai modus.
Di Posting selanjutnya saya akan mencoba berbagi tips cara aman transaksi online.
(tdy)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s