Smadav 2009 – Antivirus Indonesia Masa Depan

Sudah menjadi kenyataan bahwa virus adalah salah satu bagian yang tak terpisahkan dari ekosistem komputer khususnya yang menggunakan OS Windows. Apalagi di Indonesia, yang notabene pengguna komputernya masih banyak yang awam. Kelemahan pengguna inilah yang dimanfaatkan oleh VXer (Pembuat Virus) khususnya virus lokal untuk menyebarkan virusnya di Indonesia melalui berbagai media penyebaran dan yang terbanyak adalah melalui USB Flashdisk. Tidak hanya virus lokal, virus impor (virus luar negeri) pun tak mau kalah untuk menguasai komputer-komputer Indonesia. Mungkin dari data terakhir, penyebaran virus impor di Indonesia telah mengalahkan virus lokal. Bukan karena virus impor mempunyai kuantitas yang lebih besar daripada virus lokal, tapi karena kualitas virus impor memang harus diakui jauh lebih canggih dibandingkan virus-virus lokal buatan VXer Indonesia.

Jika ada sisi buruk, haruslah ada sisi baiknya. Bisa dianalogikan jika ada virus lokal, haruslah ada antivirus lokal. Dan memang kenyataan ini benar. Setelah serangan virus lokal secara besar-besaran di pertengahan tahun 2005, mulai bermunculan berbagai produk antivirus lokal yang hampir semuanya Freeware (Software gratis). Mungkin akan muncul pertanyaan, mengapa antivirus lokal harus ada disaat sudah adanya antivirus impor (luar negeri) yang lebih canggih dan dibuat oleh pakar-pakar profesional luar negeri. Jawabannya mudah, antivirus impor sangat tidak berguna ketika harus membersihkan virus lokal karena kurangnya support mereka khususnya untuk Indonesia. Dalam hal ini, mereka lebih memfokuskan pada pemberantasan virus secara global khususnya negara-negara maju. Sebaliknya, antivirus lokal tentunya memfokuskan pada pemberantasan virus-virus yang ada di Indonesia. Jadi, antivirus lokal adalah solusi terbaik dan satu-satunya untuk pembersihan semua virus lokal dan beberapa virus impor. Dan suatu saat nanti jika antivirus lokal sudah mampu juga untuk membersihkan virus impor, antivirus lokal mungkin dapat menggantikan sepenuhnya posisi antivirus impor yang saat ini lebih banyak digunakan di Indonesia.

Berdasarkan banyaknya jumlah pengguna antivirus lokal saat ini, bisa dikatakan bahwa 3 antivirus lokal yang mempunyai pengguna terbanyak adalah secara berurutan yaitu PCMAV, ANSAV, dan SMADAV. Mungkin Anda sudah mengenal banyak tentang PCMAV, sedikit tentang ANSAV, tapi belum tahu sama sekali tentang SMADAV.

SMADAV sama fungsinya dengan PCMAV dan ANSAV, adalah antivirus lokal tak berbayar (freeware) yang dikhususkan untuk mengatasi dan membersihkan virus-virus yang menyebar di Indonesia. Bukan sesuatu yang fiktif, disini akan dibeberkan semua kelebihan SMADAV sebagai antivirus lokal. Kelebihan-kelebihan tersebut yaitu mempunyai kecepatan scanning file tercepat, mempunyai database virus lokal terbanyak, dan mempunyai engine terpintar untuk membersihkan virus lokal sampai ke akar-akarnya. Tercepat, terbanyak, dan terpintar disini maksudnya jika dibandingkan dengan seluruh produk antivirus yang ada di dunia, baik antivirus lokal dan impor dalam hal pemberantasan virus lokal. Sebaiknya Anda mencoba untuk membuktikan fakta-fakta disini, download gratis SMADAV rilis terbaru yakni SMADAV 2009 di situs resminya smadav.net.

Suatu produk pastilah mempunyai kekurangan, SMADAV saat ini masih belum memiliki fitur RTP (Real-Time Protection) yang berfungsi untuk menjaga komputer setiap saat agar tidak terinfeksi virus, fitur ini hanya berfungsi untuk mencegah karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Fitur lainnya yang belum ada di SMADAV yaitu fitur update otomatis lewat internet, fitur ini akan sangat mendukung fitur RTP, sehingga pengguna tidak perlu khawatir lagi komputernya akan terinfeksi virus karena SMADAV akan selalu mencegah infeksi virus dan selalu mengupdate secara otomatis database pengenalan virus-virus baru. Semua fitur ini dan beberapa fitur baru lainnya akan segera ditambahkan untuk kesempurnaan SMADAV.

Kita semua berharap, tidak akan ada lagi virus di dunia ini. Tapi ini tidaklah mungkin terjadi, karena dimana ada kebaikan pasti ada keburukan. Selama ada software baik, pasti ada software jahat seperti virus. Jadi kita lebih baik berharap suatu saat nanti semua pengguna komputer di Indonesia mempunyai dan menggunakan antivirus lokal yang mempunyai kemampuan luar biasa dalam pencegahan dan pemberantasan semua virus yang menyebar di Indonesia. Kompetisi antivirus lokal saat ini semakin ketat, dan kemungkinan besar harapan ini akan tercapai di masa yang akan datang. Tentunya, SMADAV akan terus berusaha untuk menjadi antivirus lokal luar biasa ini.

downloadnya disini ya…
sumber: http://www.smadav.net/
Penulis : Zainuddin Nafarin (Smadav Founder)

2 pemikiran pada “Smadav 2009 – Antivirus Indonesia Masa Depan

  1. Maaf sekali sebelumnya… Sy pemula yang baru tau tentang smadav.
    Saya mau mendownload smadav tapi masih belum tau caranya samapai smadav itu bisa diaktifkan. Mohon langkah-langkahnya/caranya agar saya bisa mudah menginstallnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s