Indonesia Linux Conference 2008 (ILC 2008)

Indonesia Linux Conference merupakan kegiatan tahunan yang rutin dilakukan oleh komunitas pengguna Linux di seluruh Indonesia. Pertama kali ILC diadakan pada tahun 2006 yang bertempat di kota Surabaya, kemudian dilanjutkan dengan tahun 2007 yang bertempat di kota Yogyakarta, pada tahun ini Bali berkesempatan untuk menjadi tuan rumah diadakannya ILC yang ketiga.

Latar belakang diadakannya Indonesia Linux Conference ini adalah sebagai ajang berkumpul bagi pengguna Linux di Indonesia untuk dapat bertukar pikiran antar pengguna Linux di satu daerah dengan pengguna Linux di daerah lain. Dengan diskusi ini diharapkan dapat menemukan langkah-langkah tepat yang dapat dilakukan untuk memajukan Linux di Indonesia. Selain itu juga merupakan wadah bagi pengguna Linux dari daerah-daerah di Indonesia untuk dapat berbagi dan bertukar pengalaman bagaimana mereka telah mengembangkan Linux di daerah mereka masing-masing. Sehingga diharapkan peserta konferensi ini dapat belajar satu sama lain dan dapat mengaplikasikan gagasan yang telah mereka dapatkan dalam event ILC 2008 ini.

Peserta nantinya adalah perwakilan dari komunitas linux, perwakilan organisasi Linux (KPLI), perwakilan pemerintah, perwakilan perusahaan (bisnis), perwakilan pendidikan dan masyarakat umum

ILC 2008 mengangkat Tema : ” Senang, Aman dan Nyaman dengan Linux “

Dengan Topik :

Topik 1 : “Development aplikasi linux desktop dalam lingkungan pemerintah, pendidikan dan koorporasi”.

aplikasi yg berjalan diatas linux perlu dikembangkan untuk dianggap menarik oleh masyarakat. hal ini dapat dimulai dari lingkungan-lingkungan besar seperti pemerintah, pendidikan dan kooporasi/perusahaan. Pemerintah sebagai pendukung dan pendidikan sebagai penyedia SDM yang mampu mengaplikasikan linux sehingga perusahaan tidak perlu takut untuk bermigrasi ke linuk karena pendidikan sudah dapat menyediakan SDM . Sehingga diharapkan dapat berjalan secara sinergi untuk bersama-sama migrasi ke linux.

Topik 2 : ”Kemana KPLI (Komunitas Pengguna Linux Indonesia) akan menuju ?“ termasuk komunitas distro Linux. Pengembangan Linux selanjutnya oleh KPLI dan diharapkan mendapatkan dukungan dari pemerintah.

Email : ilcbali@ilkom.unud.ac.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s