23.000 PC berbasis Linux untuk Sekolah di Filipina

Setelah sukses dalam membangun 13.000 PC berbasis fedora Linux,pemerintah Filipina kembali berencana untuk menyediakan sebanyak 10.000 unit PC berbasis Ubuntu.

Richardo Gonzales,konsultan open source independent mengatakan,kalau terdapat beberapa alasan mengapa linux lebih dipilih dari pada Windows. Linux menjadi lebih dikenal di Filipina setelah krisis keuangan asia pada tahun 1997. Microsoft meluncurkan kebijakan anti pembajakan di Filipina pada saat Departemen Perdagangan dan Industri,dan Departemen Pendidikan meluncurkan program PCPS(PCs for Public School). Program ini memiliki tujuan untuk menyediakan satu PC di setiap 10.000 sekolah umum setingkat SMU di seluruh kota.Dana untuk membangun fasilitas ini di peroleh dari pemerintah Jepang yang di mulai sekitar tahun 2000 ketika para kontraktor menginstal PC windows.

Lima tahun berselang,ditemukan banyak komputer yang tidak dapat digunakan karena tidak ada yang memiliki kemampuan untuk mengoperasikan komputer tersebut.Advanced Solution Inc (ASI) menunjuk Gonzales sebagai seorang konsultan,karena perusahaan ini ingin memberikan undangan kepada 1000 sekolah,menyediakan satu server,10 dekstop,dan konektivitas Internet di setiap sekolah.

Karena Gonzales dan pihaknya dapat menyimpan biaya lebih,maka saat ini mereka memiliki 3000 unit PC tambahan dari pemerintah.

Nantinya,300 sekolah akan memiliki jaringan Linux.Untuk saat ini ,distro yang digunakan adalah Kubuntu dan Edubuntu.Aplikasi CMS seperti Joomla! Dan Drupal juga diupayakan akan di instal pada server,sehingga para siswa dapat membuat isi artikel.

Sumber : majalah infoLinux 03/2008

Satu pemikiran pada “23.000 PC berbasis Linux untuk Sekolah di Filipina

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s